Pages

Rabu, 16 Februari 2011

Aurora

1.Penjelasan

Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer.

 2.Terjadinya
Terjadinya akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki suatu Planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).

3.Tempat terjadinya
Di bumi,
aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya.

4.Tambahan
-Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.
-Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.
 -Angin matahari
adalah suatu aliran partikel bermuatan(plasma)yang menyebar ke segala arah dari atmosfer terluar matahari yang dikenal dengan korona.
-Kecepatan angin matahari
Kecepatan alirnya sekitar 400 km/dt, dengan waktu tempuh dari matahari ke bumi selama 4-5 hari.
Angin matahari tersusun terutama oleh elektron ber-energi tinggi dan proton (sekitar 500 keV), yang mampu melepaskan diri dari gravitasi sebuah bintang karena energi termal nya yang sangat tinggi.

-AURORA pernah dilihat di seluruh dunia
Badai matahari 1859 1-2 september,dmana matahari mengeluarkan sebuah semburan matahari yg terbesar sepanjang sejarah..
saat badai ini terjadi AURORA dapat dilihat diseluruh dunia...
ganasnya saat badai ini terjadi semua sistem telegraf dan tekhnologi rusak dan mengeluarkan percikan-percikan api sehingga komunikasi terputus..
-Semburan matahari
adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dapat melepaskan energi sebesar 6 × 1025 joule.
Semburan matahari memengaruhi semua lapisan atmosfer matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan semburan terjadi di wilayah aktif disekitar bintik matahari.
-korona
adalah bagian paling luar dari atmosfer matahari yang dicirikan oleh rendahnya massa jenis dan tingginya temperatur (> 1.0E+06 K). Korona tidak terlihat secara langsung dari bumi, kecuali pada saat terjadinya gerhana matahari total atau dengan bantuan teleskop dengan presisi.
-Fotosfer
adalah lapisan matahari yang kita lihat sehari-hari. Cahayanya yang sangat terang mengalahkan lapisan paling luar matahari yaitu korona, sehingga sinar dari korona tidak terlihat oleh mata kita. Disekeliling fotosfer adalah lapisan gas merah cemerlang yang disebut kromosfer
-Kromosfer
Kromosfer adalah lapisan tipis di atmosfer matahari. Lapisan ini terletak di atas fotosfer, dan memiliki kedalaman sekitar 2.000 kilometer

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa AURORA terjadi karena terjadi SEMBURAN MATAHARI dan untuk keterangan yg diatas hanya penjelasan dan kaitan tentang proses dan kaitan terjadinya AURORA

sekian dari saya untuk kali ini,,,
terimakasih,,

0 komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komennya ya,, trimakasih,,

 

Copyright © Husein Blog. Template created by Volverene from Templates Block
lasik surgery new york and cpa website solutions
WP theme by WP Themes Expert